Perbandingan Pemrograman Visual (PV) dengan Pemrograman Konvensional (PK)

Perkembangan software  dari tahun ke tahun semakin memudahkan pengguna untuk memanfaatkan komputer sebagai alat bantu dalam menjalankan segala aktivitasnya. Salah satu hal penting dari perkembangan tersebut adalah masalah tampilan dan proses. Tujuan diciptakan bahasa pemrograman adalah bagaimana proses interaksi antara manusia dengan komputer semakin intensif dan interaktif. Perkembangan bahasa-bahasa pemrograman tidak lepas dari perkembangan
softex
software :-D maupun hardware.


Dari sisi tampilan, pengguna semakin dimanjakan dengan semakin interaktifnya aplikasi yang digunakan serta tidak menyulitkan pengguna pemula. Sebagai contoh, dahulu aplikasi hanya menerima inpuit satu persatu. Dalam perkembangannya, muncul model input dalam bentuk menu form (seperti mengisi lembaran formulir) menjadi pilihan utama para pembuat aplikasi selanjutnya. Dalam istilah umum di dunia komputer, aplikasi yang menggunakan input satu persatu disebut aplikasi berbasis CLI (Command Line Interface), sedangkan generasi selanjutnya disebut aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface).

Dari sisi proses, dengan adanya perkembangan hardware, memungkinkan adanya beberapa proses yang “kelihatannya” dapat berjalan secara simultan dalam satu waktu yang dinamakan multitasking. Sebagai contoh, aplikasi yang berjalan dalam sistem operasi yang masih berbasis DOS, hanya ada sebuah aplikasi yang dapat berjalan dalam satu waktu. Ketika program tersebut belum menghentikan prosesnya, maka tidak dimungkinkan (jika program tersebut tidak mengeksekusi aplikasi lain) untuk menjalankan aplikasi lain diluar aplikasi tersebut. Jika aplikasi tersebut dapat menjalankan aplikasi lain yang dieksekusinya selesai terlebih dahulu.

Pembahasannya selanjutnya akan diulas disini.
Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSLATE

Diberdayakan oleh Blogger.

TWITTER

FOLLOWERS

Blog Hits