Belajar dari Film Pirates of Silicon Valley

Pirates of Silicon Valley merupakan suatu film tentang perseteruan Steve Jobs & Bill Gates (Apple & Machintos) dari sudut pandang orang-orang terdekat dari Steve Jobs dan Bil Gates.

Diceritakan bagaimana Gates dan Steve memulai segalanya dari bawah. Pada 1975, Gates dan rekannya Paul Allen mendirikan Microsoft. Dan pada 1976, Jobs dan rekannya Steve Wozniac mendirikan Apple Inc.

Selain itu, film ini juga banyak menceritakan tentang sifat pribadi dari masing-masing tokoh terkenal itu. Steve yang sangat emosional dan selalu bersikap “semau gue”, selalu menuntut loyalitas berlebih dari para pegawainya. Steve memaksa programmernya untuk bekerja selama 24 jam non-stop. Bila ia mendapati programmernya tertidur, maka Steve tak segan-segan untuk memaki sang programmer. Kebalikan dari Steve, Bill Gates digambarkan sebagai seorang yang lugu, pemalu dan “santun”.


Terus terang, film ini membuat saya mengetahui lebih mendalam mengenai sejarah perkembangan komputer dan tentunya mengenai kedua tokoh tersebut. Film ini juga menceritakan bagaimana sejarah kontroversial penciptaan sistem operasi DOS dan sejarah GUI (Graphical User Interface).


Percaya atau tidak, sebenarnya DOS adalah merek dagang yang diciptakan oleh Bill Gates atas sebuah sistem operasi (OS) yang ia beli dari seorang programmer yang tak diketahui namanya. Kemudian oleh Bill Gates, OS tersebut dijual kembali per-lisensi kepada banyak perusahaan pembuat komputer. IBM adalah perusahaan pertama yang tertarik untuk menggunakan DOS pada produk mereka.


Disaat Bill Gates sibuk berdagang DOS, Steve Jobs dengan perusahaannya Apple semakin berkibar setelah membeli “mouse” dari perusahaan kecil bernama Xerox. Saat itu, Steve mendengar kabar bahwa Xerox menemukan sebuah teknologi yang bernama GUI. Hal ini membuatnya penasaran. Karena takut didahului oleh kompetitor, ia kemudian dengan cepat mendatangi markas Xerox. Berkilah untuk mengajak bekerjasama, Steve meminta Xerox untuk mempraktekkan dan menjelaskan secara detail dari teknologi GUI yang menggunakan “mouse” itu. Ehm, ternyata Steve pandai juga dalam urusan lobi-melobi. 


Sajak saat itu, mereka berhasil menciptakan personal komputer berteknologi GUI. Apple semakin terkenal dan menggeser dominasi IBM yang menggunakan DOS. Mereka kemudian menjadi perusahaan produsen komputer terbesar didunia. Perlu diketahui, saat itu Steve berumur kira-kira 30-an lho.

Bill menuai sukses di bisnisnya saat menjual program DOS kepada IBM. Ajaibnya saat Bill menawarkan program DOS ke IBM, BIll bersama rekannya, Paul Allen dan Steve Ballmer sama sekali belum memiliki program itu dan lebih gilanya lagi , kata DOS digelontorkan Bill secara spontan dan tanpa diketahui terlebih dahulu oleh kedua rekannya yang saat itu berada di satu meja, saat berhadapan dengan para direksi IBM.

Di film pirates of the silicon valley kisah itu diabadikan dalam dialog, berikut ini cuplikannya

Bill : Kita mempunyai yang anda butuhkan!
IBM : permulaan yang baik!
Bill : kami tahu IBM harus bangun tempat ini untuk bersaing dengan apple. Dan berpacu membuat personal computer untuk kalahkan mereka. Jadi, kami bisa memberi IBM sebuah sistem kerja.
IBM : Sistem kerja seperti apa??
Bill : Namanya …. DOS disingkat Disk Operating Sistem

Setelah selesai, mereka pulang, dan diperjalanan percakapan masih berlanjut “gila lu Bill, kita kan gak punya sistem kayak gituan, pasti habis kita, kata si Paul.”
“hei lu jangan bilang begitu gue kan udah bilang sama IBM punya DOS, sekarang kita cari tuh yang namanya DOS!???”
Akhir cerita dalam kondisi “kepepet bin terdesak” dengan melihat peluang yang sangat besar dan harapan yang membuncah mereka ingat ada prusahaan yang punya system operasi namanya Seattle Computer Company, dan akhirnya mereka pergi kesana dan membelinya seharga 50 ribu dollar yang kemudian bisa menghasilkan jutaan dollar…kereenn!
Kepepet kadang memacu adrenalin, melebarkan ruang kreatifitas, membuat durable stamina, meningkatkan kinerja berlebih dan hasilnya adalah kantung DORAEMON yang dapat menghasilkan berbagai KEAJAIBAN.
Tapi yang terpenting lagi adalah menjaga dan memaintenance hasil dari keajaiban, kalau tidak, rasa malas akan menjalar lagi. Menunda-nunda jadi habbit lagi dan akhirnya harapan jadi seperti Bill Gate pun terkubur.
Mereka sukses karena kerja keras dan kreatifitas yang ditimbulkan oleh kepepet dijaga dan dikembangkan, bukan menunggu sampai kepepet itu datang lagi.


KESIMPULAN
  • IDE adalah kunci utama dalam ke suksesan.
  • Kunci sukses Bill Gates adalah : Semangat, Motivasi, Inspirasi dan Pengembangan diri.
  • Selalu berfikir inovatif untuk mengembangkan suatu produk sehingga tidak hanya menghasilkan produk yang baik tetapi juga dinamis tidak monoton.
  • Kita harus berfikir bagaimana orang lain yang membutuhkan kita, bukan kita yang membutuhkan orang lain.


1 komentar:

Putri Salsabila mengatakan...

Sangat menarik memang untuk di ikuti kisah-kisah tentang Bill Gates & Stave Jobs.
Mereka berdua adalah sosok yang menginspirasi Dunia, khususnya di bidang Teknologi Informasi.

Posting Komentar

TRANSLATE

Diberdayakan oleh Blogger.

TWITTER

FOLLOWERS

Blog Hits