Mempromosikan Blog

Promosi blog dapat dilakukan dengan beberapa metode dan beberapa cara, selain meningkatkan traffic sehingga peluang mendulang dollar lewat Google Adsense, PPC di Twitter, PPC di Kumpulblogger bahkan sekedar menjaring referral. Efektivitas dari promosi ini diukur dari kenaikan nilai alexa, statistic pengunjung bulanan bahkan harian, peningkatan page view bahkan jika trafficnya sangat bagus maka bisa menaikkan pagerank. 


Mengapa blog berlomba – lomba untuk mendapatkan pembaca atau pengunjung? Karena blog sudah menjadi alat untuk menghasilkan uang lewat beberapa program yang bisa diikuti secara gratis, dengan memaksimalkan promosi dan membanjirnya traffic maka peluang untuk mendapatkan pemasukan besar lewat blog bukan lagi impian tetapi sudah dalam genggaman. 

Ada 2 metode promosi yang bisa dipakai yaitu : 
1. Promosi berbayar 
2. Promosi Gratis 

Promosi Berbayar 
1. Gunakan Google adwords sehingga blog anda akan terpampang di beberapa situs atau blog terkenal sehingga peluang mendapatkan traffic sangat tinggi, biaya dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung terhadap blog kita. Jika kita membuka e commerce maka promosi dengan Google adwords bisa membuka peluang transaksi yang besar. 

2. Gunakan Direct ad, banyak blog yang menawarkan space iklan diblog atau website mereka, anda tinggal melakukan negosiasi dengan salah satu blog atau website yang  menyediakan space iklan tersebut. 

3. Buat quiz lewat blog, biaya yang anda keluarkan adalah biaya pembelian hadiah yang akan diperebutkan, misalkan sebuah quiz atau kompetisi menulis blog atau menulis postingan dan yang menang mendapatkan sebuah kaos cantik dan sebuah domain dan hosting gratis selama 3 tahun dsb, ketika ada orang yang tertarik untuk ikut maka secara tidak langsung dia akan mengajak teman – temannya untuk berkunjung ke blog anda. 

4. Memberikan hadiah gratis dalam jumlah terbatas, misalkan rebut 20 kaos cantik dari blog A dengan cara mengisi polling yang sudah disediakan, pengundian pemenang akan dilakukan pada tanggal sekian bulan sekian.

Promosi Gratis 
1. Submit artikel atau sebagian artikel yang ada diblog ke beberapa situs social bookmarking, penulis sarankan menggunakan lintas berita karena di lintas berita peluang mendapat limpahan traffic dari pembaca lintas berita sangat tinggi, terbukti setelah submit artikel di Lintas Berita Alexa rank blog saya yang masih berjumlah jutaan bisa mulai mengalami peningkatan secara signifikan, Bagaimana cara submit artikel di lintas Berita ?  
- Silahkan buka www.Lintasberita.com
- Cari tulisan register Account 
- Isi kolom – kolom yang disediakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan 
- Submit pendaftaran account anda 
- Konfirmasi pendaftaran lewat email kemudian sign in ke account anda 
- Cari tulisan Kirim media anda 
- Masukkan alamat URL yang akan divalidasi oleh lintas Berita 
- Masukkan beberapa deskripsi dan judul postingan yang akan di submit 
- Kirim artikel  
- Jika sudah terkirim maka akan terlihat di website LintasBerita 

2. Promosi lewat Facebook, facebook memiliki banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk promosi blog, diantaranya adalah my stuff & notes, penggunaan kedua aplikasi ini secara otomatis menuntut anda harus memiliki account facebook, setelah anda masuk ke account facebook kemudian anda cari tulisan aplikasi di bagian kiri bawah dari halaman facebook yang anda buka, anda cari tulisan notes kemudian masukkan alamat URL anda dan allow to install application, jika anda sudah memasukkan alamat URL yang benar maka judul postingan anda akan muncul di Wall, sehingga teman – teman anda bisa membaca tulisan diblog anda. Sedangkan my stuff digunakan untuk menayangkan banner iklan blog kita sendiri di profile facebook kita, silahkan anda buat banner gratis dengan Adobe Photoshop atau kunjungi www.addesign.com yang berisi petunjuk serta cara membuat banner secara praktis. 

3. Promosi Lewat Friendster, Friendster juga menyediakan tempat untuk meletakkan URL di profile anda, silahkan login ke account Friendster anda, kemudian edit profile dan temukan lokasi untuk meletakkan URL anda. 

4. Promosi lewat Twitter, Letakkan URL anda di profile Twitter anda. Caranya hampir sama dengan di Friendster yaitu login ke account kemudian masukkan alamat URL di edit Profile. 

5. Promosi lewat mybloglog, buat account di mybloglog dan masukkan URL blog anda disana sehingga setiap anda membuat postingan baru maka akan dimuat di mybloglog 

6. Bagikan ebook gratis, membagikan ebook gratis akan membuat blog kita kebanjiran traffic, rata – rata orang senang dengan sesuatu yang bersifat gratisan. 

7. Blogwalking ke blog dofollow, jika anda melakukan Googling tentang Blog Dofollow maka mereka akan memberikan backlink ke anda. Jika yang memberikan backlink adalah blog dengan pagerank tinggi maka pagerank anda akan ikut terdongkrak naik.

Sebenarnya masih banyak cara untuk memaksimalkan traffic salah satunya adalah dengan optimasi Search Engine, dengan memaksimalkan Search Engine ini maka posisi blog anda akan mudah diketahui oleh orang lain dan mereka akan mengunjungi blog yang berada di halaman 1, 2 dan 3 dari Search Engine tersebut. 

   Jika anda berniat menjadikan blog anda sebagai asset maka maksimalkan traffic pengunjung blog anda dan monetisasi blog anda maka blog akan berubah menjadi mesin penghasil uang tanpa membutuhkan modal yang besar. Semakin bagus traffic, semakin besar penghasilan kita lewat bisnis online, semakin bagus nilai alexa dan pagerank maka peluang kita mengikuti paid review akan terbuka lebar dan memiliki potensi menghasilkan pemasukan yang besar lewat blog. 

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSLATE

Diberdayakan oleh Blogger.

TWITTER

FOLLOWERS

Blog Hits