Pengenalan Unified Modeling Language (UML) 1

Analisis dan desain berorientasi objek adalah cara dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam suatu entitas.

Alat bantu pemodelan yang dapat digunakan untuk rancang bangun berorientasi-objek adalah Unfied Modeling Language (UML).
UML adalah bahasa yang dapat digunakan untuk spesifikasi, visualisasi, dan dokumentasi sistem object-oriented software pada fase pengembangan (development process). UML merupakan unifikasi dari metode Booch, QMT, dan notasi Objectory, serta ide-ide terbaik metodologi lainnya seperti terilhat pada gambar 1. Dengan Menyatukan unsur notasi metode-metode objek oriented tersebut, UML merupakan standar dasar dalam bidang analisis dan desain berorientasi-objek"


UML menyediakan 9 jenis diagram yang dapat dikelompokkan berdasarkan sifatnya (statis atau dinamis). Ke-9 jenis diagram dalam UML itu adalah :
  1. Diagram Kelas/Class Diagram (statis)
  2. Diagram Objek/Object Diagram (statis)
  3. Use-Case Diagram (statis)
  4. Sequence Diagram (dinamis)
  5. Collaboration Diagram (dinamis)
  6. Statechart Diagram (dinamis)
  7. Activity Diagram (dinamis)
  8. Component Diagram (statis)
  9. Deployment Diagram (statis)

Penjelasan mengenai diagram-diagram InsyaAllah akan dibahas di postingan lain.

Development Process adalah suatu struktur yang diterapkan pada pengembangan suatu produk pernagkat lunak. Proses ini memiliki beberapa model yang masing-masing menjelaskan pendekatan terhadap berbagai tugas atau aktivitas yang terjadi selama proses. Contoh model proses pengembangan perangkat lunak antara lain adalah proses iteratif, Extreme Programming, serta proses air terjun (waterfall).

2 komentar:

cookies mengatakan...

kurang !!!!

Unknown mengatakan...

Ditunggu..

Posting Komentar

TRANSLATE

Diberdayakan oleh Blogger.

TWITTER

FOLLOWERS

Blog Hits