Tes Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Shogun FD125 SP


Akhir-akhir ini saya disibukkan dengan revisi laporan Kerja Praktek dari kampus yang cukup menguras pikiran saya. Pengen refreshing liburan tapi belum bisa. Siang tadi sewaktu mau jalan ke kost teman yang berada di jl. kaliurang km. 13 terpikir di benak saya untuk menguji konsumsi bahan bakar si sobri (panggilan untuk Shogun biru kesayangan :-D ) sekalian refreshing karena bosen nulis laporan terus, sekali-kali nulis blog dulu.


Tanpa pikir panjang langsung mampir ke SPBU di Jl. Munggur Demangan Jogja, tangki bahan bakar langsung diisi full sampe penuh tanpa ruang. Dispenser menunjukkan BBM yang terisi 2,880 liter. Lanjut langsung foto odometer, odometer awal menunjukkan angka 55092,4 km. Saya menggunakan metode top up untuk tes pengukuran ini.


*Maaf gambar agak buram, pake hape butut :-D

Selesai tangki diisi full saya langsung tancap ke kost teman. Di perjalanan saya tetap berkendara sesuai dengan karakter riding saya sendiri. Ketika di daerah gejayan kecepatan cuma 40-60 kpj, maklum jogja udah kayak Jakarta, jalanan macet :-D . Dan ketika di Ring road utara jalanan agak sepi dan kecepatan rata-rata 60-80 kpj. Memasuki jl. Kaliurang macet menghadang lagi di km 6. Lewat dari km 6 barulah jalanan agak renggan dan kecepatan rata-rata di 60-70 kpj.

Sampai di kost teman langsung istirahat sebentar biar fresh buat ngerjain laporan kerja prakteknya.
Lanjut ngerjain laporan dan gak terasa sudah jam 8 malam. Saya langsung pamit pulang.

Waktu perjalanan pulang jalan relatif agak renggang sehingga kecepatan rata-rata di angka 60-80 kpj. Pas lewat ring road utara jalan begitu (tumben) sepi sehingga saya iseng untuk membetot gas sampe mentok dan menembus angka 120 kpj.

Setelah berkomuter saya langsung mampir lagi ke SPBU tadi siang. Bensin diisi full lagi sampe gak ada ruang. Dispenser menunjukkan angka 0,560 liter bensin yang terisi dan odometer menunjukkan angka
55124.3 km.


Dari data yang telah saya peroleh tadi maka dapat dikalkulasikan konsumsi bahan bakar si sobri sekitar:
Odometer awal = 55092.4 km - odometer akhir = 55124.3 km
Maka jarak perjalan = 31,9 km

Konsumsi BBM per liter:
Jarak perjalanan = 31,9 km / 0,560 liter
= 56,96 km/liter

Saya tidak tau parameter angka yang dijadikan patokan irit atau boros konsumsi bahan bakar kendaraan. Yang pasti konsumsi bahan bakar si sobri (shogun biru) per liter sekitar 56,96 km/liter.
Tapi menurutku not bad lah untuk ukuran motor 125 cc karburator yang sudah berumur 6 tahun. hehe


NB:
- Bahan bakar yang digunakan adalah Premium 
- Indikator bahan bakar sudah rusak
- Motor masih standar pabrik 

9 komentar:

brigade jalan raya mengatakan...

Analisa P2R dalam artikelnya beberapa bulan yang lalu bener dong. Motor semakin tua semakin irit. Ga ngerti juga apa parameternya. Tapi si sobri ga lelet juga nampaknya. Atau ada hubungannya dengab tingkat kompresi mesin yang udah dimakan umur??? Ga nyambung

Oh iya! Sampean isi jenis bensin opo?

brigade jalan raya mengatakan...

Oh iya lagi... Berat badan sampean berapa ya? Kok kuat juga tuh si sobri melaju di kecepatan 120 km/jam

peb mengatakan...

@brigade
tinggi 170cm dan berat 60kg bro.
di paling bawah sudah saya tulis bro, bbm yg digunakan jenis premium.

Anonim mengatakan...

Motore edian....banter tapi uirit ... punya ku shogun sp 2007.... lom sempat tes ap ap...yg pnting enak buat nyantai....asik buat ngebut n ga malu2in klo lagi nongkrong...heeee

Unknown mengatakan...

One kind of Suzi's masterpiece. Aku jg pny SP FL thn 2008. Iritny poolll. Rata2 jg sgtu, sktr 50-56 km/liter. Heran, motor keren+irit kek gini, kok, ga laku, ya??? Apa krna org2 udh pada under estimate sama Suzuki? Tapi ga apa2, lah. Justru krna langka, ad kebanggaan ktika makeknya. Berasa eksklusif.
Salam, Mas Febi. Makasih pinjaman Sobrinya wktu itu, sbgai tambahan referensi sblm ambil SP FL Birput...

Anonim mengatakan...

Saya punya shogun fl 125 thun 2010 mesin standart.pernah sya tes full tank (4,5 litre)bisa menempuh jarak 160 km .dengan kata lain perliternya dapat menempuh 35 km..

Unknown mengatakan...

betul punyaku sama shogun FL 125 2008 kurang lebih per liter 30an km

Anonim mengatakan...

Bnr ap om,ini sy mo beli soal ny lg tawarmnawar

Anonim mengatakan...

Saya punya motor dua, suzuki rr 110 dan supra 125 dan udah pernah iseng coba dngan tangki dikosongkan dan kemudian isi minyak manual dgn takaran literan dgn awal 1 liter aja. Dan saya coba jalan sampe motor kehabisan BBM dan hasilnya shogun menempuh jarak 41 km dan supra 125 nya 35 km

Posting Komentar

TRANSLATE

Diberdayakan oleh Blogger.

TWITTER

FOLLOWERS

Blog Hits